2013-01-18

Asmoro Bangun Merambah Usaha Penjualan Topeng


Asmoro Bangun Merambah Usaha Penjualan Topeng



Sesekali menyelam sambil minum air itu sangat menguntungkan bagi beberapa manusia yang memang menghargai proses. Topeng malangan selain mementaskan tari topeng wayang dan mengadakan sejumlah kegiatan lainnya, ternyata juga memproduksi topeng. Topeng dengan berbagai macam ukuran, bentuk, karakter tokoh dan warna yang beragam ada di padepokan asmoro bangun. Bekerjasama dengan galeri topeng malangan yang berada di depan UIN, Sumbersari-Malang ini merambah usaha topeng. Selain bisnis juga ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa kesenian topeng perlu dilestarikan, dijaga karena kesadaran akan berkesenian sangat minim.

Bagi seniman topeng ini sudah biasa,tapi bagi beberapa orang yang masih awam topeng malangan ini sangat menarik sekali. Meskipun terkadang topeng hanya digunakan sebagai cinderamata, hiasan dinding, maupun oleh-oleh khas Malang. Namun itulah salah satu pengembangan topeng malangan sehingga tidak ada kata “mati” untuk kesenian topeng sendiri.

Topeng Malangan yang dijual di padepokan asmoro bangun (Pakisaji), galeri topeng malangan (Sumbersari), dan beberapa outlet di Kepanjen lainnya ini mengundang banyak pengunjung local maupun wisatawan. Pada padepokan itu sendiri menawarkan berbagai ukuran dari mulai yang kecil biasanya dibuat gantungan kunci, sedang, sampai yang besar sekalipun yang biasanya digunakan seniman untuk sendratari.

Harga yang disuguhkan lumayan cukup, dalam kategori topeng yang termasuk seni pahat, mungkin sulit dilakukan oleh orang lain yang tidak mempunyai keahlian atau minim cukup murah. Dari gantungan kunci di jual seharga Rp. 5.000,00 , untuk ukuran topeng tanggung dijual Rp.50.000,00 dan untuk ukuran topeng besar mulai dari Rp. 150.000,00 - Rp. 500.000 dan harga tersebut bisa berubah sesuai dengan kualitas kayu yang di pesan.

Di padepokan Asmoro Bangun ini tidak hanya memproduksi dan menjual topeng,  "namun, di sini juga disediakan tempat untuk mewadahi orang-orang dari usia berapapun yang mau mempelajari tari topeng malangan dan belajar membuat topeng sendiri ” ujar pemimpin padepokan. Enak sekali bukan, selain kita bisa membeli topeng buat oleh-oleh yang jauh datang ke Malang,  kita juga bisa loh, membuat topeng sendiri juga belajar menari. Bagi yang berminat langsung saja datang ke padepokan asmoro bangun-Pakisaji-Malang. Selamat mencoba dan jangan lupa mampir ke galeri atau outlet dan bisa juga langsung kepadepokan buat membeli topeng malangan, agar kesenian di Indonesia tidak akan pernah pudar dan terus menjadi kesenian sejarah yang berharga. (K/D/P/H)


Lihat release lainnya:
- Keterkaitan Seni Pahat Topeng Malang-an dengan Bineka Tunggal Ika
- Menengok Uniknya Topeng Malang-an


Tidak ada komentar:

Posting Komentar