2013-01-18

Keterkaitan Seni Pahat Topeng Malangan dengan Bineka Tunggal Ika



Keterkaitan Seni Pahat Topeng Malangan dengan Bineka Tunggal Ika


Bhineka Tunggal Ika adalah julukan bagi negara Indonesia. Dimana terdiri dari berbagai pulau, suku, adat, dan kesenian sesuai cirri khas daerahnya. Termasuk pulau jawa khususnya jawa timur mempunyai peninggalan sejarah dan kesenian yang bermacam-macam. Cerita klasik dari Ramayana dan cerita panji yang berkembang sejak ratusan tahun lalu menjadi inspirasi dalam penciptaan topeng di Jawa. Topeng-topeng di Jawa dibuat untuk pementasan tari yang menceritakan kisah daerah tersebut. Seperti topeng malangan yang terletak di kabupaten Malang-Pakisaji ini mempunyai padepokan topeng yang bernamakan Asmoro Bangun yang dipimpin oleh Bpk. Handoyo, dkk.

Dimana topeng malangan ini menceritakan kisah percintaan Raden Panji Asmoro Bangun dengan Putri Sekartaji. Topeng itu sendiri adalah kesenian memahat yang dilakukakn oleh manusia. Hasil, karya, cipta, rasa dituangkan dalam bentuk topeng yang menggambarkan tokoh pewayangan yang mempunyai watak masing-masing. Pada topeng malangan kali ini sudah mempunyai kurang lebih 76 topeng berdasarkan karakternya. Diciptakan dari seni pahat ini untuk membedakan masing-masing tokoh pewayangan. Bahwa ketertarikan seni pahat dengan topeng melahirkan karakter tokoh yang berbeda, namun tidak jauh dari pewayangan lainnya. Maksud disini adalah penggolongan seni pahat pada topeng selalu ada pencitraan antagonis dan protagonist. Dalam seni pahat ini sudah dipelajari bagaimana memahat tokoh yang baik juga jahat.
Nah, dipadepokan asmoro bangun beberapa pengelolanya memahat topeng malangan sendiri menggunakan alat yang masih sederhana yaitu kapak kecil dari besi juga pisau. Bahan yang digunakan biasanya dari kayu sengon atau pohon petai, karena lebih muda untuk dipahat dan tidak terlalu keras. Bisa juga menggunakan kayu jati atau pohon jati namun harga terlalu mahal dan cukup menyita banyak waktu dalam pembuatannya. Tidak perlu keahlian khusus dalam membuat topeng malangan, cukup mengerti seni pahat saja sudah bisa berkreasi. Jadi sangat penting sekali kaitannya seni memahat dengan topeng khusunya topeng malangan. (K/D/P/H)

Lihat release lainnya:
- Asmoro Bangun Merambah Usaha Penjualan Topeng
- Menengok Uniknya Topeng Malang-an

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar