2013-01-11

Gamelan Topeng Malang



Karawitan / Gamelan


Gemalan merupakan alat music tradisional Jawa yang digunakan untuk mengiringo kesenian-kesenian yang berkembang di pulau Jawa. Penyebaranya sesuai dengan sejarah perkembangan Kerajaan-Kerajaan Jawa.

Karawitan/Gamelan juga merupakan alat music tradisional yang turut mengiringi perkembangan kesenian Wayang Topeng Malngan. Biasanya gamelan yang digunakan memakai “laras Pelog” dan memainkan bermacam-macam “gendhing”, contoh benteng Malangan (Bajul Ngantang,  Alas Kobong, Kembang Kacang, Pekalongan Jawa, Lambang , Setro, dan Pedhat.
Adapun nama-nama gamelan yang dipersembahkan adalah Kendang Malangan, Bonang Babok/Barong, Bonang Penerus, Slenthem, Demung, Saron I, Saron II, Reking, Gon dan Kenong. (R/H)

4 komentar:

  1. saya dari dulu pengen sekali melestarikan budaya indonesia. Tp saya tak tau dimana awal saya untuk bisa trz meneruskan budaya leluhur .
    Ingin saya ikut dlm perkumpulan dan belajar lbh dalam,
    apakah disini masih menampung orang yg seperti saya. .?

    BalasHapus
  2. luar biasa sekali mas alhamidz ini, semoga masih banyak pemuda yang memiliki inspirasi seperti mas hamidz. silahkan mas bisa bergabung dengan kami. kita juga ada jadwal untuk latihan bersama bagi yang ingin berlatih tarian topeng dan mungkin belajar membuat topeng juga. mas alhamidz bisa langsung menghubungi kontak dan jangan ragu datang langsung ke padepokan

    BalasHapus
  3. Mas Handoyo dkk, senang mengetahui Padepokan Kedungmonggo masih aktif dan semoga terus berkembang. Saya juga sempat menuliskan kisah Mbah Karimun di KORAN TEMPO, TEMPO online, dan kemudian saya salin di blog saya yang sederhana www.batikimono.blogspot.com. Silakan diklik bila berkenan dan semoga berguna sebagai tambahan catatan sejarah kesenian wayang topeng Malangan.

    Mari berteman di blog pula. Kapan-kapan, saya main lagi ke Kedungmonggo.

    Salam,

    Abel

    BalasHapus
  4. Mas lokasi dimana ? Klo pengen pelajar dari awal bisa ndag mas

    BalasHapus